PGN Perluas Jaringan Gas Untuk Rumah Tangga Hingga ke Cilegon

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) siap merealisasikan pengembangan 50 ribu sambungan rumah (SR) jaringan gas untuk rumah tangga dan pelanggan kecil (GasKita) di wilayah Jabotabeka, serta Cilegon pada 2021. Program jargas ini merupakan proyek investasi mandiri PGN menggunakan skema COCO (Company Owned, Company Operate) dengan segmentasi perumahan. Khusus pada Februari Maret 2021, PGN menghadirkan promo spesial untuk menarik minat calon pelanggan energi baik gas bumi.

Direktur Komersial PGN Faris Aziz menjelaskan, pengembangan jargas untuk 50 ribu SR ini, PGN memberikan berbagai bonus promo seperti bebas biaya instalasi gas dan sudah termasuk gas alarm system untuk memberi peringatan bila terjadi kebocoran gas. Menurutnya, pemakaian gas bumi untuk rumah tangga juga lebih aman, karena gas yang dialirkan memiliki kandungan metana yang mudah terurai di udara. Gas bumi pada rumah tangga memiliki tekanan di bawah 100 milibar, secara teknis masuk ke dalam kategori tekanan rendah.

Selain itu, gas bumi juga diberi aroma agar gas yang aslinya tidak berwarna dan tidak berbau ini bisa mudah terdeteksi seandainya ada kebocoran. Kalaupun terjadi kebocoran pada pipa gas tidak akan menimbulkan ledakan, tetapi hanya akan memunculkan nyala api yang dapat segera ditangani dengan mudah. “Terdapat fitur keamanan berupa valve (keran gas) dan gas alarm system, serta dapat meminimalkan penularan Covid 19 karena pencatatan penggunaan gas menggunakan smart meter sehingga tidak ada kontak fisik dalam penyaluran gas,” kata Faris dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Adapun rencana persebaran pengembangan GasKita 50 SR COCO di antaranya Kabupaten/Kota Karawang, Kelurahan Sukalayu dan Purwadana, Kota Tangerang, Kelurahan Paku Jaya, Kabupaten /Kota Bekasi, Kelurahan Jakasetia. Kemudian Kabupaten/Kota Cilegon, Kelurahan Cibeber dan Kedaleman Cibeber, Kabupaten Bogor, Kelurahan Ciangsana, serta Kota Jakarta Barat, Kelurahan Kembangan Utara.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *