Hindari Virus, Yuk Ikuti Tips Dari Ahli Cara Membersihkan Rumah Agar Hasilnya Maksimal, dan Sehat

– Mewujudkan keluarga yang sehat harus dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Syarat ini mutlak dilakukan apalagi di saat pandemi covid 19 seperti sekarang. Dengan tempat tinggal yang bersih, anggota keluarga dapat terhindar dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, kebersihan rumah perlu dijaga. Namun kenyataannya, masih banyak orang yang tinggal dalam rumah yang kotor dan tidak memenuhi standar kesehatan.

Padahal, kondisi rumah seperti ini dapat menjadi tempat bagi virus, kuman, dan hama penyakit.serta dapat menyebabkan terkenanya penyakit. Siti Kurnia Astuti, ST, MT (Kepala Unit Sanitasi dan Lingkungan RSUI) memaparkan tentang lingkungan bersih dalam acara talkshow secara daring di RSUI (Rumah Sakit Universita Indonesia), Kamis, (18/2/2021). Menurutnya, ada 3 jenis untuk melakukan pembersihan dalam rumah untuk mencegah terjadinya penumpukan virus dan bakteri.

Tahapan ini yang bertujuan untuk menghilangkan material organic dan non organik yang terdapat di permukaan seperti lantai dan meja. “Yang paling sering kita lakukan itu pembersihan, bisa dilakukan menggunakan detergen, atau pembersih lantai, pembersihan rutin baiknya di lakukan setiap hari. Jadi setiap hari dilakukan pembersihan terutama untuk permukaan yang sering tersentuh, jadi misalnya gagang pintu, remot tv itu dibersihkan tiap hari,” ujarnya

Ini bertujuan menghilangkan mikro organisme kecuali spora dapat dilakukan seminggu sekali. “Kalau untuk disenfeksi sendiri itu bisa dilakukan ya mungkin seminggu sekali, bisa ditambah ada hal hal tertentu seperti ada tamu yang belum tau asalnya dari mana dan lain lain, itu bisa dilakukan pembersihan tambahan,” ucapnya. Ini adalah proses penghilangan mikro organisme pada, peralatan, bahan, dan ruang melalui disinfeksi dan sterilisasi dengan cara fisik dan kimiawi.

Ia juga memberikan tips melakukan pembersihan dari area yang tertinggi dahulu hingga kebagian terendah. “Kalau untuk pembersihan sendiri tipsnya itu dilakukan dari area yang tinggi ke area yang rendah, misalnya bersihin dulu bagian atas plafond dan lemari, setelah selesai bisa pindahke bagian bawah dan terakhir lantai. Kita juga bersihkan dari area yang bersih dulu ke area yang paling kotor,” katanya. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *