Bagaimana Cara Mendaftar di DTKS Kemensos Secara Offline untuk Bantuan STB Kominfo?

Di bawah ini adalah merupakan usulan nama di DTKS kemensos untuk menjadi penerima bansos, termasuk set top box gratis dari kominfo. Kominfo telah mengumumkan akan membagikan set top box secara gratis bagi masyarakat yang namanya tertera di data kemensos. Maka dengan demikian masyarakat harus memanfaatkan kesempatan ini agar kalian sekeluarga bisa menonton tv secara digital. Tv digital digunakan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh berita atupun hiburan.  Set top box ini juga biasa di sebut decoder, dan ada juga yang menyebutnya receiver dan converter. Cara kerja set top box ini adalah mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat di tampilkan di tv analog biasa.

Cara Mendaftar di DTKS Kemensos Secara Offline untuk Bantuan STB Kominfo

Bagi yang belum terdaftar di kemensos, maka kalian bisa mendaftarkan diri dengan mengikuti cara berikut agar tetap bisa dapat stb gratis dari kominfo dan nonton tv digital:

  • Warga Indonesia yang tergolong belum mampu harus membawa KTP dan kartu keluarga sebagai syarat pendaftaran data kemensos di desa atau kelurahan setempat.
  • Setelah itu hasil dari pendaftaran tersebut akan terkumpul di desa atau kelurahan agar hasil yang sudah masuk akan dimusyawarahkan yang bertujuan untuk membahas kelayakan kondisi yang masuk DTKS kemensos berdasarkan prelist awal dari usulan baru.
  • Musyawarah lurah/musyawarah desa nantinya akan menghasilkan berita acara terkait calon penerima set top box di data DTKS kemensos,kemudian setelah itu berita acaranya akan di tanda tangani oleh kepala desa atau lurah yang menjadi prelist akhir.
  • Hasil dari berita acara dilaporkan ke tempat dinas social setempat, pihak dinsos melakukan verifikasi dan validasi data instrument lengkap DTKS kemensos.
  • Setelah itu tugas dari dinas social setempat melakukan kunjungan ke tempat warga yang terdaftar di desa atau kelurahan
  • Dengan melihat verifkasi dan vaidasi data infut kedalam aplikasi siks ofline oleh operator desa/kecamatan, data yang sudah selesai dimasukan kemudian di export data ke aplikasi SIKS online.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *