Tips Kirim Dokumen Ke Luar Negeri

Dalam momen tertentu mungkin anda diharuskan untuk mengirimkan paket ke luar negeri, entah untuk kepentingan diri sendiri ataupun misalnya membantu saudara atau teman yang membutuhkan dokumen untuk kepentingan administrasi selama tinggal di negara tertentu.

Untuk mengirimkan dokumen sebetulnya tidak ada tips khusus, semuanya sama seperti tips pengiriman pada umumnya. Namun, karena sifatnya yang terkadang penting. Anda harus jeli dan teliti ketika akan mengirimkan paket berupa dokumen.

Setidaknya ada beberapa tips kirim dokumen ke luar negeri yang mungkin saja bisa bermanfaat untuk anda sekarang ataupun nanti ketika anda berkepentingan:

Bagaimana Cara Kirim Dokumen Ke Luar Negeri?

  1. Menyiapkan Dokumen

Seperti dijelaskan sebelumnya, terkadang dokumen berisi file file penting untuk kelengkapan administrasi tertentu. Anda harus memastikan bahwa setiap dokumen tersusun rapi dan tidak ada yang tercecer satupun.

Setelah itu, anda bisa memasukan dokumen pada map plastik atau map kertas. Jangan lupa untuk melapisinya dengan plastik lain. Ini bertujuan agar dokumen aman selama perjalanan dan tidak beresiko terkena ceceran cairan dari paket paket lainnya jika bocor selama perjalanan.

  1. Memilih Jasa Pengiriman

Setelah paket disiapkan anda bisa mulai mencari dan memilih ekspedisi luar negeri yang menyediakan pengiriman ke negara yang anda tuju. Untuk negara-negara seperti misalnya Amerika, Tiongkok, Jepang dan juga negara-negara Eropa biasanya banyak sekali jasa yang dapat anda pilih.

Namun, jika anda ingin mengirim paket ke negara-negara misalnya di Afrika hanya ada beberapa pilihan jasa yang dapat anda gunakan. Salah satunya adalah kilo.id yang juga menyediakan jasa impor Amerika.

Adapun, setiap jasa ekspedisi luar negeri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik dalam hal pelayanan, kecepatan pengiriman dan juga ongkos kirim yang harus dibayarkan. Anda harus pintar dan jeli ketika memilihnya.

  1. Gunakan Pengiriman Ekspress

Dalam dunia ekspedisi luar negeri, biasanya digunakan 2 jenis cara pengiriman, yakni pengiriman lewat udara dan pengiriman lewat laut. Jika anda ingin mengirimkan dokumen atau surat surat penting lainnya tentu saja anda wajib menggunakan jasa pengiriman lewat udara.

Dengan pengiriman dokumen lewat pesawat, estimasi paket tiba sampai tujuan bisa lebih cepat. Selain itu paket dirasa lebih aman jika dikirim menggunakan transportasi udara.

Adapun, disetiap jasa ekspedisi biasanya ada beberapa pilihan paket tertentu, seperti misalnya paket premium, priority dll. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan sendiri.

  1. Pilih Jasa Berpengalaman

Setiap jasa pengiriman barang ke luar negeri memiliki perhitungan harga berbeda untuk tujuan ke negara tertentu. Tugas anda adalah membandingkan harga dari masing-masing jasa tersebut untuk menentukan mana jasa yang akan anda gunakan.

Namun, untuk pengiriman dokumen ada baiknya anda memilih jasa yang memang sudah memiliki nama dan berpengalaman. Ini untuk menjaga keamanan dokumen sampai nanti tiba di tempat tujuan dengan selamat. Jangan sampai anda tergiur dengan harga murah namun paket lama sampai atau mengalami kerusakan selama perjalanan. Itu tentu saja sangat merugikan anda nantinya.

 

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.